PT
XL Axiata Tbk. telah beroperasi di industri telekomunikasi selama 14 tahun dan
merupakan salah satu operator seluler terkemuka di Indonesia. Visi dari XL
adalah menjadi operator seluler no. 1 di Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk
komitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, pemegang saham dan karyawan
Tonggak sejarah
21 Januari 2010
Sebagai
komitmen XL untuk mendukung pemerintah di dalam mendorong penggunaan Internet
secara sehat dan positif, XL dan ICT Watch meluncurkan program Internet Sehat
Blog Award 2010.
1
Februari 2010
XL
meluncurkan varian baru layanan program XL BlackBerry One, bernama XL
BlackBerry Gaul, dengan tarif hanya Rp. 2.000/hari.
6
Februari 2010
XL
bekerjasama dengan Pundi Amal SCTV membangun kembali SD Negeri 27 Padang yang
hancur karena gempa besar yang melanda Padang dan Sumatera. Menteri Komunikasi
dan Informatika - Tifatul Sembiring, bersama Presiden Direktur XL – Hasnul
Suhaimi, serta Direktur Utama SCTV Fofo Sariatmadja meresmikan pembangunan
sekolah tersebut secara simbolis.
10
Februari 2010
XL
memberikan penghargaan Top Outlet XL (Top XL) serta XL Agent sebagai salah satu
bentuk apresiasi bagi mitra penjualan XL. Pemberian penghargaan bagi para mitra
yang merupakan salah satu garda terdepan XL ini ditentukan berdasarkan proses
seleksi yang diikuti oleh sekitar 26.000 TOP Outlet dan 9.000 XL Agent di
seluruh Indonesia.
24
Februari 2010
Sesuai
komitmennya untuk peduli dan tanggap terhadap setiap bencana yang menimpa
masyarakat Indonesia, XL kembali membantu korban bencana alam tanah longsor di Ciwidey,
Kabupaten Bandung. Bantuan yang disalurkan berupa Telepon Umum Gratis (TUG),
bahan makanan, serta kartu perdana XL.
5
Maret 2010
XL
meluncurkan program internal bertajuk “Amazing ICE (Intentional Customer
Experience).” Program ini bertujuan untuk menggalakkan perilaku karyawan
yang selaras dengan tiga nilai utama ICE : Anticipate-Act-Amaze.
24
Maret 2010
XL
mengoperasikan sekitar 12.000 BTS inovatif yang ramah lingkungan dan hemat
energi.
19
Mei 2010
XL
menjalin kerjasama eksklusif dengan Motricity untuk layanan Mobile Internet.
Motricity akan memanfaatkan aplikasi McCore platform dan manage service (vendor
outsource) agar XL mampu menghadirkan layanan dengan kualitas terbaik bagi
pelanggan.
20
Mei 2010
XL
kembali menggelar program Indonesia Berprestasi Award (IB Award). Program yang
menginjak penyelenggaraan tahun ke-4 ini kembali akan mencari warga negara
Indonesia berprestasi yang pengabdian dan daya usahanya telah memberikan solusi
dan manfaat serta dorongan positif bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat
luas.
11
Juni 2010
XL
bersama dengan Yayasan Khazanah (dibawah Axiata Group Berhad) memberikan
program Beasiswa bagi warga negara Indonesia untuk menempuh pendidikan S1 dan
S2 di berbagai universitas terkemuka di Malaysia.
15
Juni 2010
XL
dan ICT Watch mensosialisasikan Internet Sehat di ajang CommunicAsia 2010
sekaligus meluncurkan buku panduan memanfaatkan internet secara sehat dan
positif.
23
Juli 2010
Melanjutkan
komitmen XL dalam mendukung pemerataan kualitas pendidikan nasional, XL
meluncurkan Komputer untuk Sekolah (KUS) 2010. Peluncuran dilakukan oleh
Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dan Presiden Direktur XL, Hasnul
Suhaimi di Jakarta.
22
September 2010
Dalam
kerangka persembahan XL Bagi Negeri, XL mendukung penuh program Aku Cinta
Indonesia (ACI) yang diinisiasi oleh detik.com sebagai salah satu wujud
implementasi program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
30
September 2010
Untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat atas layanan data dan internet broadband yang
terus meningkat, XL menambah frekuensi 3G untuk meningkatkan kualitas layanan
data. Dengan penambahan frekuensi ini, total frekuensi yang dimiliki oleh XL
saat ini menjadi 2 x 10 Mhz (1960-1970 MHz / 2150-2160 MHz)
6
Oktober 2010
XL
memperoleh ijin e-Money (Electronic Money) dari Bank Indonesia. Layanan ini
merupakan instrumen pembayaran yang disediakan untuk pelanggan kami untuk
menyelesaikan transaksi-transaksi komersial sederhana seperti pembayaran
barang/jasa, tagihan dan pembelian barang baik yang terlihat atau tidak
terlihat melalui ponsel tanpa menggunakan uang tunai.
28
Oktober 2010
Dalam
kerangka persembahan XL Bagi Negeri, XL menyelenggarakan program bertajuk
”Soempah Pemoeda 2.0” : Semangat Satu Negeri di Era Digital. Program berwujud
peringatan Sumpah Pemuda ini dapat diikuti melalui media digital
www.soempahpemoeda.org, Twitter @indberprestasi (hashtag: #SatuNegeri dan
#indprestasi) dan Facebook IndonesiaBerprestasi.
29
Oktober 2010
Sebagai
wujud dari kepedulian terhadap terjadinya bencana banjir di Wasior, Papua,
letusan gunung Merapi dan tsunami Mentawai, XL kembali membuka program SMS
Donasi untuk menggalang dana bantuan dari para pelanggan yang selanjutnya
diteruskan sebagai donasi bagi korban Wasior, Merapi dan Mentawai.
2
November 2010
XL
meluncurkan program promo layanan tarif international roaming semurah tarif
panggilan lokal yaitu Rp 2.500/menit di 4 negara: Malaysia, Bangladesh, Sri
Lanka, serta Kamboja. Tarif ini bisa untuk melakukan panggilan ke Indonesia dan
juga ke negara di mana pelanggan berada, serta SMS.
4
November 2010
XL
melakukan kerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
(APJII) dalam membangun platform penggunaan IPv6. Penandatanganan kerjasama
dilakukan di Jakarta oleh Direktur Network XL, Dian Siswarini, dan Ketua
Umum APJII, Roy Rahajasa Yamin.
10
November 2010
Untuk
meningkatkan kualitas dan manfaat layanan data, XL meluncurkan portal “XLgo!”
yang akan semakin memudahkan pelanggan dalam mengakses bermacam layanan
data/internet.
25
November 2010
XL
kembali menganugerahkan Indonesia Berprestasi (IB) Award kepada warga negara
berprestasi. Pada program yang menginjak penyelenggaraan tahun ke-4 ini, dewan
juri IB Award telah memilih 3 warga dan 1 kelompok berprestasi dalam bidang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sosial Kemasyarakatan dan Kewirausahaan, serta
Seni dan Budaya.
30
November 2010
Setelah
sebelumnya meluncurkan promo layanan tarif international roaming semurah tarif
melakukan panggilan lokal di 4 negara (Malaysia, Bangladesh, Srilanka, serta Kamboja),
kini tarif semurah tarif murah tersebut juga berlaku bagi pelanggan yang berada
di Singapura dan HongKong.
8
Desember 2010
XL
dan PT Kereta Api (KA - Persero) menjalin kerjasama untuk memaksimalkan layanan
pada pelanggan dan masyarakat antara lain dalam mengakses informasi mengenai
pembelian tiket dan jadwal kereta serta pemasangan wi-? di dalam kereta.
9
Desember 2010
XL
meluncurkan Layanan XL Cuaps, sebuah inovasi layanan selebriti Voice Blog
pertama di Indonesia. 12 Desember 2010 XL bekerja sama dengan Pundi Amal SCTV
menggalang kerja bakti pemulihan Kali Code, Yogyakarta yang mengalami
pendangkalan akibat banjir lahar dingin pasca letusan Gunung Merapi.
20
Desember 2010
Guna
mempelajari lebih dalam mengenai LTE ini, XL bersama PT Ericsson Indonesia
melakukan ujicoba di Jakarta. Ujicoba dilakukan melalui siaran langsung (live
report) pertama di Indonesia bersama SCTV dengan menggunakan teknologi LTE.
6
Januari 2009
Memasuki
tahun 2009, XL menawarkan tarif promosi terbaru baru yang semakin
murah, simpel, dan memberikan kesempatan lebih leluasa bagi para pelanggan
untuk menelepon dengan tarif yang lebih murah dalam durasi waktu yang lebih
lama.
25
Februari 2009
XL meluncurkan
paket Kartu Perdana (Starter Pack) Layanan Internet Unlimited Prabayar 30 hari
dengan menggunakan teknologi 3G/HSDPA
17
Maret 2009
XL meluncurkan
program corporate social responsibility (CSR) Indonesia Berprestasi Award (IB
Award) 2009.
19
Maret 2009
Rapat
Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa
(RUPSLB) XL memutuskan sejumlah keputusan penting. Diantara keputusan
penting yang tercapai yaitu persetujuan pinjaman baru dan perubahan susunan
Komisaris.
2
April 2009
XL menghadirkan
beragam layanan baru Value Added Services (VAS) untuk melengkapi keunggulan
layanan XL yang telah ada seperti tarif murah dan jaringan
berkualitas
8
Juni 2009
XL bekerjasama
dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Celcom Malaysia
(Celcom) – melalui Celcom Multimedia (Malaysia) Sdn Bhd (Celcom), menghadirkan
layanan Transfer Instan bagi TKI di Malaysia. Layanan ini memungkinkan TKI
pelanggan Celcom mengirimkan dana ke Indonesia secara instan dan aman dengan
memanfaatkan teknologi seluler. Logo perusahaan yang baru diluncurkan dengan
menyertakan logo Axiata pada logo XL, yang melambangkan sinergi bersama
Axiata
23
Juni 2009
Setelah
meluncurkan layanan Transfer Instan, XL meluncurkan layanan Kirim
Pulsa Internasional yang tidak kalah inovatif untuk menjawab kebutuhan layanan
telekomunikasi bagi TKI dan WNI di Malaysia serta keluarga mereka di Indonesia.
25
Agustus 2009
XL Regional
JabodetabeK (Jabodetabek dan Kalimantan) menghadirkan program terbaru yakni
Paket XL Harga CDMA yang menawarkan tarif telepon yang lebih muRAh
MEriah bagi pengguna XL Prabayar yang berada di area Jabodetabek dan
Bandung.
3
September 2009
XL menyalurkan
bantuan untuk korban gempa di Tasikmalaya, Cianjur, Pangalengan, Pangandaran,
dan Garut melalui program CSR XL Peduli Jabar.
1
Oktober 2009
XL menggelar
program XL Peduli Sumatera Barat. Melalui program
ini XL membuka beberapa posko bantuan (TUG/Telepon Umum Gratis,
bantuan logistik, dll) bagi para korban gempa Sumatera Barat.
8
Oktober 2009
XL genap
13 tahun melayani kebutuhan telekomunikasi seluler masyarakat Indonesia. Acara
syukuran perayaan hari jadi XL berlangsung secara sederhana di
Padang, Sumatera Barat - di tengah suasana duka akibat gempa - , dan di
Surabaya bersamaan dengan peresmian fasilitas Surabaya Network Building (SNB)
milik XL.
16
Oktober 2009
XL luncurkan
Single Access *123# yang mempermudah pelanggan XL untuk memilih
sendiri berbagai layanan bertarif murah dari XL sesuai dengan
kebutuhan mereka.
26
Oktober 2009
XL menganugerahkan
penghargaan Indonesia Berprestasi Award (IB Award) 2009.
16
November 2009
Rapat
Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL di grhaXL, Jakarta, Senin (16/11),
telah terlaksana dan memutuskan sejumlah keputusan penting, antara lain
persetujuan untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas I (PUT) dalam rangka
Penerbitan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) serta persetujuan untuk
menggelar layanan Pembayaran Pengiriman Uang melalui jaringan telekomunikasi.
11
Desember 2009
XL menyelesaikan
Penawaran Terbatas sebesar IDR 2,8 triliun. Jumlah saham yang dikeluarkan
sebanyak 1,418 miliar yang menjadikan total saham menjadi 8,508 miliar. Semua
hasil dari Penawaran Terbatas digunakan untuk membayar hutang.
23
Desember 2009
XL secara
resmi mengganti nama perusahaan dari PT Excelcomindo Pratama Tbk menjadi
PT XL Axiata Tbk sejak tanggal ini. Axis dan XL menandatangani
kerjasama nasional roaming yang pertama di Indonesia. Teknis pelaksanaan
perjanjian ini akan sejalan dengan peraturan pemerintah.
31
Januari 2008
XL
memberikan peralatan telekomunikasi kepada 14 universitas di Indonesia dan
memfasilitasi training untuk mahasiswa dan dosen.
1
Februari 2008
Memperkuat
posisi sebagaiprovider dengan layanan berkualitas dan tarif terjangkau, XL
meluncurkan tarif promosi untuk panggilan internasional dan SMS ke beberapa
negara.
18
Februari 2008
Memenuhi
permintaan pelanggan yang tinggi, XL memperpanjang tarif promosi untuk
XL Xplor dari 15 Februari sampai 31 Maret 2008.
20
Februari 2008
XL
mengumumkan kenaikan pendapatan bersih sebesar 38% dari tahun lalu tahun 2007
atau Rp 8 milliar dan kenaikan EBITDA 37%, setara dengan Rp 3.5 miliar.
26
Februari 2008
XL
memberikan kemudahan isi ulang bagi pelanggan prabayar
dengan SingleVoucher: Voucher isi ulang yang berlaku untuk isi ulang fisik
dan elektronik.
27
Februari 2008
XL
bersama tim basket ASPAC mendukung olah raga sebagai gaya hidup. Nama ASPAC
berganti menjadi XL ASPAC.
3
Maret 2008
XL
mendukung kontes bakat untuk murid SMP dan SMA dengan ‘XLent Heroes’, sejalan
dengan CSR program ‘Indonesia Berprestasi’.
18
Maret 2008
XL
mengadakan “XL PestaPhoria – Pesta Sampe Puaaaaas” di 12 kota di Indonesia
sebagai apresiasi kepada pelanggan.
4
April 2008
XL
melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan di Grha XL.
25
April 2008
XL
menjadi anak perusahaan dari TM International Berhad (“TMI”) menyusul
selesainya proses de-merging TM group sehingga TMI menjadi entitas tersendiri.
29
April 2008
XL
menutup kuartal pertama 2008 dengan mencatat pertumbuhan sebesar lebih dari 51%
dari periode yang sama tahun sebelumnya, dan sedikit peningkatan dari kuartal
sebelumnya.
7
Mei 2008
XL
meluncurkan layanan baru XL Life ‘XL Traffic Info,’ aplikasi berbasis WAP GPRS
untuk kondisi lalul lintasreal time (live streaming) di beberapa lokasi di
Jakarta .
19
Mei 2008
XL
meluncurkan program Indonesia Berprestasi Awards (IBA) 2008. 28
Mei XL mengeluarkan tarif promosi baru Rp 50 untuk XL
prabayar bebas (Rp 10/ detik untuk lima detik pertama) dan telepon
gratis ke nomor XL di daerah tertentu.
11
Juni 2008
XL
menandatangani kerja sama dengan e-Store dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia
Jakarta dalam penyediaan program bundlinghardware dan koneksi
internet untuk lembagalembaga pendidikan.
16
Juni 2008
XL
menandatangani kerja sama untuk layanan korporat dengan Bank Permata, PT Pam
Lyonnaise Jaya (Palyja) dan Amikom Yogyakarta.
18
Juni 2008
XL
menawarkan kembali tarif murah melalui ‘Nelpon Gratis,’ telepon gratis untuk
pengguna XL prabayarbebas untuk menelepon ke sesama XL pada jam tertentu.
Berlaku selama satu bulan di seluruh nusantara.
8
Juli 2008
XL
menandatangani kerjasama dengan Oke Shop untuk layanan Blackberry dan
3G-HSDPA internet kepada berbagai pengguna. PT Excelcomindo Pratama Tbk. 2008
Laporan Tahunan 19.
29
Juli 2008
Rapat
Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL diadakan di Grha XL, Jakarta dan menyetujui
berbagai putusan penting mengenai perjanjian hutang baru dan pergantian di
Dewan Komisaris.
7
Agustus 2008
XL
memperkenalkan tarif yang sangat terjangkau melalui ‘Promo Tarif Murah,’ yang
menawarkan tarif murah untuk telepon dan SMS.
14
Agustus 2008
XL
dan BNI mempromosikan layanan Instant Transfer melalui XL untuk
transfer uang dalam dan luar negeri.
28
Agustus 2008
XL
mengadakan ‘Gema Ramadhan XL’ dengan berbagai program dari aktivitas sosial
sampai beberapa pilihan layanan untuk pelanggan selama bulan Ramadhan.
3
September 2008
Rapat
Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL menyetujui dua keputusan penting, memberikan
persetujuan kepada Perseroan untuk menyalurkan dana kepada TM International
Berhad (“TMI”) sehubungan dengan rencana untuk menjual saham XL dan menyetujui
penjualan 7.000 menara telekomunikasi termasuk infrastruktur lainnya.
11
September 2008
XL
bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) dalam hal solusi untuk
kebutuhan TI korporat.
22
September 2008
XL
and Standard Chartered Bank menandatangani mandat untuk cashmanagement,
memberikan layanan untuk XL dalam bentuk platform elektronik untuk pembayaran,
rekonsiliasi, dan pelaporan.
25
September 2008
Untuk
menjadi penyedia layanan Blackberry terdepan, XL bersama Research in Motion
(RIM) meluncurkan BlackBerry Bold, smartphone canggih dari RIM.
29
September 2008
Dalam
rangka Idul Fitri, XL mengadakan “Mudik Bareng XL”, yang menyediakan
transportasi mudik untuk 2.000 mitra distribusinya.
8
Oktober 2008
XL
merayakan ulang tahun ke-12 dengan berbagai acara untuk para karyawan,
pelanggan, dan masyarakat.
31
Oktober 2008
XL
meluncurkan BlackBerry 1 (One) yang inovatif. Layanan BlackBerry harian yang
sesuai dengan kebutuhan pelanggan XL prabayar dan XL pasca bayar.
14
November 2008
XL
meresmikan BTS ke- 15.300 di Muara Sipongi, Mandailing Natal, Sumatera Utara
serta memberikan bantuan untuk pendidikan dan masyarakat di daerah tersebut.
19
November 2008
XL
menganugerahi lima warga Indonesia “Indonesia Berprestasi Awards” untuk
pencapaian mereka di bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Kemasyarakatan, Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi, Seni dan Budaya. Direktur Jenderal Pos dan
Telekomunikasi Basuki Yusuf Iskandar beserta Presiden Direktur XL Hasnul
Suhaimi memberikan penghargaan kepada pemenang.
26
November 2008
Dalam
rangka Hari Guru di Indonesia, XL meluncurkan program CSR, bagian dari
Indonesia Berprestasi “Komputer untuk Sekolah.”.
1
Desember 2008
Fokus
pada bisnis utama, XL menyerahkan operasi Contact Management kepada
VADS Berhad.
Frekuensi yang digunakan
Sampai
dengan tahun 2010 fekuensi yang dimiliki oleh XL axiata adalah sebesar 2 x
10Mhz. Yaitu pada frekuensi 1960-1970 Mhz dan 2150-2160 Mhz. Dengan jaringan
telekomunikasi GSM 900/1800 (2G/2,5G) dan W-CDMA 2100 (3G) di bawah izin
jaringan seluler yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Menteri Komunikasi
dan Informasi (Menkominfo) yang mengalokasikan frekuensi 2 x 7,5 MHz pada
907,5-915 MHz dan 952,5-960 MHz untuk layanan telekomunikasi seluler 2G/2,5G;
frekuensi 2 x 7,5 MHz pada 1710-1717,5 MHz dan 1805-1812,5 MHz untuk layanan
telekomunikasi seluler 2G/2,5G; dan frekuensi 2 x 10 MHz pada 1960-1970 MHz dan
2150-2160 MHz untuk layanan
telekomunikasi 3G.
Teknologi Yang Digunakan
Teknologi yang digunakan oleh
XL axiata antara lain 2G/2,5G yang beroperasi pada frekuensi dengan frekuensi 2
x ,5 Mhz (1710-1717,5 Mhz dan 1805-1812,5 Mhz). Untuk layanan telekomunikasi 3G
menggunakan frekuensi 2 x 10 Mhz (1960-1970 Mhz).
1 comments:
aku juga pengguna xl kok, o jadi xl itu banyak inofasinya ya sob, :-)
Post a Comment