PENGERTIAN NAVIGASI DAN ILMU DALAM DUNIA PENERBANGAN
ADF Bearing Station
Cara kerja : pada sistem ADF bearing station,
kepala pesawat dianggap selalu menghadap ke arah utara. Bearing Indicator yang
terdapat di pesawat menampilkan arah Bearing suatu radio station relative
terhadap arah hidung pesawat.
Navigasi
adalah seni dan ilmu pengetahuan untuk berpindah dari titik A ke titik B dalam
waktu yang paling singkat tanpa kehilangan arah
A. Tipe navigasi yang digunakan oleh pilot
dipengaruhi banyak hal :
·
Kemana pilot
akan pergi
·
Berapa lama
penerbangan akan berlangsung
·
Kapan
pesawat akan berangkat
·
Tipe pesawat
yang akan terbang
·
Alat
navigasi yang digunakan
·
Penilaian
pilot
·
Cuaca
B. Untuk bernavigasi pilot membutuhkan :
·
Titik
keberangkatan
·
Titik tujuan
·
Arah
perjalanan
·
Jarak yang
ditempuh
·
Kecepatan
pesawat
·
Kapasitas bahan
bakar pesawat
·
Berat dan
informasi keseimbangan pesawat
C. Radio Navigasi :
·
Automatic
Direction Finder (ADF)
·
Very High
Frequency Omni-directional Range (VOR)
·
Distance
Measuring Equipment (DME)
·
Instrument
Landing System (ILS)
·
LORAN-C
D. Kemajuan
dalam Navigasi :
·
Inertial
Navigation System (INS)
·
Global
Positioning System (GPS)
·
Differential
GPS (DGPS)
E. Peralatan
Navigasi :
·
Non
Directional Beacon (NDB)
·
Distance
Measuring Equipment (DME)
·
Very High
Frequency Omni Range (VOR)
·
Instrument
Landing System ( ILS )
F. Peralatan
Pengamatan
·
Primary
Surveillance Radar (PSR);
·
Secondary
Surveillance Radar (SSR);
·
ATC
Automation System (ADPS, RDPS)
Non Directional Beacon (NDB)
Non
Directional Beacon (NDB) adalah fasilitas navigasi penerbangan yang bekerja
dengan menggunakan frekuensi rendah (low frequency) dan dipasang pada suatu lokasi tertentu di dalam
atau di luar lingkungan bandar udara sesuai fungsinya. NDB bekerja pada band
frekuensi LF dan MF, yaitu pada frekuensi 193 KHz sampai dengan 535 KHz
Jenis NDB :
·
Low Range (
LR)
Daerah cakupan (coverage range)
antara 50 NM sampai dengan 100 NM (1 NM = 1.853 km) dengan daya pancar antara 50 watt sampai dengan 100 watt.
·
Medium Range
( MR )
daerah cakupan antara 100 NM sampai dengan 150 NM dengan
daya pancar antara 100 watt sampai dengan 1000 watt
·
High Range(
HR )
daerah cakupan (coverage range)
antara 150 NM sampai dengan 300 NM atau lebih dengan daya pancar antara 1000 watt sampai dengan 3000 watt.
Fungsi NDB :
·
Homing :
Stasiun NDB yang dipasang di dalam lingkungan bandar udara dan dioperasikan
untuk memandu penerbang dalam mengemudikan pesawat udara menuju lokasi bandar
udara.
·
En-Route :
Stasiun NDB yang dipasang di luar lingkungan bandar udara pada suatu lokasi
tertentu dan dioperasikan untuk memberikan panduan kepada pesawat udara yang
melakukan penerbangan jelajah di jalur penerbangan yang terdapat Blank Spot.
·
Holding :
Stasiun NDB yang dipasang di luar atau di dalam lingkungan bandar udara dan
digunakan untuk memandu penerbang yang sedang melakukan holding yaitu mengunggu
antrian dalam pendaratan yang diatur dan atas perintah pengatur lalu-lintas
udara/controler.
·
Locator :
Stasiun NDB yang dipasang pada
perpanjangan garis tengah landasan pacu guna memberikan panduan arah pendaratan
kepada penerbang pada saat posisi pesawatnya berada di kawasan pendekatan untuk
melakukan pendaratan.
VHF Omnidirectional Range (VOR)
VHF
Omnidirectional Range (VOR) adalah fasilitas navigasi penerbangan yang bekerja
dengan menggunakan frekwensi radio
Fungsi VOR :
·
Homing
·
En-Route
·
Holding
Distance Measuring Equipment (DME)
Distance
Measuring Equipment (DME) adalah alat bantu navigasi penerbangan yang berfungsi
untuk memberikan panduan/informasi jarak bagi pesawat udara dengan stasiun DME
yang dituju .
Radar
Radar
sebagai peralatan pengamatan berfungsi memberikan informasi yang akurat kepada
pemandu lalu lintas udara berupa : jarak, azimuth, ketinggian, identifikasi dan
keadaan darurat
Radar merupakan
peralatan Bantu untuk mendeteksi sesuatu / benda yang sangat jauh dan tidak
terjangkau oleh penglihatan manusia
Alat Bantu pendaratan
Instrument Landing System ( ILS )
.
ILS berfungsi untuk memberikan
tuntunan ( guidance ) kepada pesawat
terbang dalam posisi Final Approach menuju landasan. Dengan bantuan ILS, pilot
dapat mendaratkan pesawat terbangnya dengan berpedoman pada indicator –
indicator di pesawat yang menerima sinyal – sinyal dari peralatan ILS.
2 comments:
baguus, tambah info lagi. akan lebih bagus
bagus-bagus
Post a Comment