Thursday 24 November 2016

ANTENNA SYSTEM DAN KONSEP ISOTROPIC, HALFWAVE DIPOLE & ANTENNA BEAMWIDTH

ANTENNA SYSTEM DAN KONSEP  ISOTROPIC, 
HALFWAVE DIPOLE & ANTENNA BEAMWIDTH

Gelombang radio GSM dapat dihasilkan dengan memberikan aliran listrik bolak-balik pada antena. Pada antena BTS pada dasarnya adalah kabel panjang yang dialiri tegangan/arus bolak-balik. Dan antena akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi sama dengan frekuensi sumber tegangan/arus.



Antena Isotropic

Antena isotropic adalah antena non-directional yang meradiasikan gelombang elektromagnetik ke semua arah. Perbandingan gain antena pada arah tertentu dibandingkan dengan antena isotropic dinyatakan dalam dBi.


Antena Half Wave Dipole

Half Wave Dipole diperoleh dengan memotong konduktor sebesar satu setengah panjang gelombang frekuensi radio. Perbandingn gain dengan Half Wave Dipole dinyatakan dalam unit dBd.

Antena Beamwidth

Beamwidth, didefinisikan sebagai sudut penyimpangan dimana power yang diradiasikan lebih rendah 3dB daripada main direction. Baik secara horisontal maupun vertikal menggunakan persyaratan yang sama.


Vertical Beamwidth

Untuk mengkonsentrasikan radiasi power di coverage area, maka susunan array half wave dipole disusun secara vertikal/horisontal atau +45/-45. Dengan setiap kelipatan dua jumlah dipole maka beam width power akan berkurang setengahnya tetapi gain pada main directionakan bertambah 3 dB.


Source :

3G Planning and Optimization by Lingga Wardhana




0 comments: