Thursday 1 November 2012

JENIS - JENIS ANTENNA PARABOLA


Jenis-jenis Antena Parabola [1]
Ada empat jenis antena parabola yang popular digunakan yaitu:
A.    Focal Point Feed ( Prime Focus )
Pada antena type ini sinyal yang diterima dari satelit dipantulkan oleh reflektor paraboloid dan langsung diterima oleh feed horn yang diletakkan tepat pada titik fokus. Sebaliknya sinyal yang dipancarkan dari feed horn langsung dipantulkan oleh reflektor menuju satelit.
B.     Cassegrain
Berbeda dengan antena prime focus, pada antena cassegrain memiliki dua reflektor yang berbentuk paraboloid dan sebuah sub reflektor yang berbentuk  hiperboloid. Sinyal yang diterima dari satelit dipancarkan oleh reflektor utama (main reflektor ) menuju feed horn. ( Pada umumnya dipakai di stasiun bumi PT. TELKOM ).
C.     Gregorian
Pada prinsipnya jenis antena ini memiliki konstruksi yang sama dengan jenis cassegrain, namun pada antena Gregorian sub reflektornya berbentuk ellipsoidal yang terletak di sebelah titik fokus.
D.    Antena Offset
Berbeda dengan tiga jenis antena di atas yang memiliki sistem reflektor asimetris dimana baik feed horn maupun sub reflektor terletak di luar cakupan reflektor, sehingga baik sinyal yang datang maupun yang dikirim ke satelit tidak mengalami halangan apapun.

Referensi :

1.         Wahyu Pamungkas, S. M. (2009). Modul Praktikum Komunikasi Satelit.          
            Purwokerto: Akatel .

0 comments: