Monday 23 July 2012

DRIVE TEST AND REPORTING

REPORTING HASIL DRIVE  TEST


              Drive test adalah istilah yang digunakan untuk pengetesan yang dilakukan dengan drive (mengemudi). Namun istilah drive test juga sudah umum digunakan untuk pengetesan dengan berjalan kaki (walk test) yang umumnya dilakukan pada pengetesan koneksi jaringan pada gedung-gedung bertingkat. Drive test adalah hal yang fundamental dalam optimasi jaringan telekomunikasi. Karena dengan drive test, seorang engineer dapat menentukan keunggulan jaringan yang dibangun serta meningkatkan performa jaringan.
Mekanisme drive test ditentukan oleh apa yang ingin diamati dari kinerja site tersebut. Pada umumnya mekanisme drive test dibagi dalam dua bagian yaitu :
1.      Statik
Pengetesan statik adalah pengetasan yang dilakukan pada posisi diam. Pada pengetesan jaringan 3G dilakukan pengetesan untuk setiap sektornya. Setiap sektor diwakili oleh satu scrambling code (SC) dimana sebelumnya data BTS beserta neighbournya telah diketahui. Adapun hal yang dilakukan adalah pengetesan/uji layanan. Pengetesan dilakukan dengan menggunakan dua mobile station dimana satu MS mendial voice ke MS dua. Pengetesan umumnya berupa sort call yang berulang dengan durasi singkat antara 40 sampai 80 detik dengan pengulangan sebanyak sepuluh kali atau lebih. Kemudian dilakukan test video call dengan cara yang sama. Hal ini dilakukan untuk melihat seberapa besar persentase kesuksesan panggilan yang diperoleh (call setup succes rate). Pengetasan lainnya yang umumnya dilakukan adalah tes transfer data (download dan upload) dan setup connection (PDP attach).
2.      Mobility
Pengetesan mobility adalah pengetesan dengan bergerak yang pada umumnya bergerak mengelilingi site untuk melihat intra cell handover atau bergerak ke arah neighbour untuk mengamati handover ke cell neighbour. Selain pengetesan SHO, mobility juga dilakukan untuk pengetesan kemampuan layanan pada saat bergerak. Secara umum ada dua mekanisme yang dilakukan pada saat uji SHO yaitu SHO pada kondisi kosong tanpa ada koneksi layanan, yang kedua adalah pada kondisi terkoneksi atau sedang melakukan layanan (dedicated).
·         Logfile Preview
Setelah drive test dialkukan, logfile yang telah tersimpan diputar kembali untuk mengamati hasil yang diperoleh sebelum diproses lebih lanjut. Untuk memutar logfile yang tersimpan harus tidak ada tools yang berada dalam kondisi connect. Gambar dibawah menunjukkan icon pada tems yang digunakan untuk memutar kembali logfile yang tersimpan.
·         Reporting
Setelah mengamati hasil drive test yang dilakukan maka langkah selanjutnya adalah reporting, yaitu mengambil data-data yang dibutuhkan untuk menentukan kualitas jaringan yang diuji. Ada beberapa hal yang dilihat dalam reporting untuk menganisa kualitas jaringan 3G antara lain:
1.     Ploting
Data yang di plot untuk diamati meliputi peneriamaan sinyal (RSCP), kualitas sinyal (Ec/No), dan scrambling code (SC) untuk melihat coverage BTS. Untuk memplot hasil drive test, sebelumnya logfile di export ke map info dengan mengambil parameter yang ingin di plot dengan TEMS. Gambar dibawah memperlihatkan export logfile pada TEMS.

0 comments: