Friday 13 April 2012

DEFENISI NON DIRECTIONAL BEACON BESERTA KOMPONENNYA


NON DIRECTIONAL BEACON



Non Dierctional Beacon atau NDB adalah alat bantu navigasi yang memberikan panduan arah suatu lokasi kepada pesawat terbang terhadap kutub magnet Utara. NDB bekerja pada band frekuensi LF dan MF, yaitu pada frekuensi 193 KHz sampai dengan 535 KHz. Setiap satu station NDB memiliki satu frekuensi didalam band-nya yang biasa dikenal dengan frekuensi Carrier. 


Pemancar NDB memancarkan frekuensi Carrier yang dimodulasi secara Amplitudo dengan frekuensi Audio 1020 Hz dengan kedalaman modulasi sebesar 95 %. Setiap lokasi NDB memiliki identitas dua karakter yang dipancarkan berupa kode Morse. 


Receiver di pesawat disebut Automatic Direction Finder atau ADF yang memiliki band frekuensi 190 KHz sampai dengan 1750 KHz. ADF akan menerima sinyal frekuensi NDB dan identiifikasi. Maksimum jarak yang dapat diterima ADF tergantung dari power NDB.

Komponen ADF adalah
  1. ADF Receiver
      Stetelah Pilot memilih frekuensi station NDB yang dituju maka sinyal akan di        Receive oleh ADF, di amplifikasi, dan dirubah kedalam bentuk Audio atau   kode Morse dan Bearing indikator.

  1. Control Box (Digital Readout Type)
      Frekuensi yang telah dipilih akan ditampilkan dalam bentuk digital. ADF secara otomatis menampilkan Bearing suatu station yang dituju di Radio Magnetic Indicator (RMI).

  1. Antenna
      ADF menerima sinyal dari 2 buah antenna yaitu LOOP antenna dan SENSE antenna.
  1. Bearing Indicator
      Bearing Indicator menampilkan arah Bearing suatu staion relative terhadap arah hidung pesawat.  Relative Bearing adalah sudut yang dibentuk
  1.  


0 comments: