Sunday 14 April 2013

MENGANALISIS HASIL DRIVE TEST


            A.     Hirarki Sel

Dalam sistem telekomunikasi seluler dikenal sistem hirarki sel, yaitu sistem yang mengelompokan frekuensi sel ke dalam lapisan yang berbeda-beda. Semakin tinggi frekuensi sel yang digunakan semakin tinggi pula lapisannya. untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini.
Jenis-jenis sel yang dikelompokan dalam hirarki ini adalah:

1. Umbrellacell
Umbrellacell merupakan makrosel yang mempunyai daerah pelayanan diperluas sampai beberapa sel, pada umumnya menyediakan area layanan pada daerah blank spot atau poor coverage. Menempati lapisan paling atas dengan prioritas paling terakhir untuk sasaran handover.

2. Macrocell
Makrosel umumnya mempunyai daya output yang besar dengan antena yang tinggi. Makrosel mempunyai daerah pelayanan baik di dalam maupun di luar gedung. Menempati lapisan setelah Umbrellacell dengan prioritas di atas umbrellacell untuk sasaran handover.

3. Microcell
Mikrosel merupakan sel kecil pada suatu daerah urban di luar gedung. Mikrosel mempunyai daya output yang rendah dengan ketinggian antena di bawah tinggi gedung di sekitarnya. Pada umumnya antena yang dipakai tingginya 5 – 10 meter di atas permukaan tanah. Menempati lapisan setelah sel makro dengan prioritas di atas sel makro untuk sasaran handover.

4. Indoorcell
Indoorcell merupakan mikrosel di dalam gedung yang mempunyai area pelayanan sesuai bentuk gedung. Salah satu tipe dari antena ini adalah Picocell. Menempati lapisan setelah sel mikro dengan prioritas di atas sel mikro untuk sasaran handover.

        B. Handover
Handover adalah suatu cara atau pemindahan daerah pelayanan akibat pergerakan (mobilitas) pengguna. Pemindahan daerah pelayanan tersebut terjadi baik dalam satu BTS, maupun antar BTS bahkan antar MSC, tanpa adanya pemutusan hubungan dan terjadi pemindahan frekuensi/kanal secara otomatis yang dilakukan oleh sistem. (Bogi W., Ir.MT. Transmisi Komunikasi Bergerak). Handover adalah proses perpindahan sel yang melayani suatu stasiun bergerak tertentu. (CommServ , GSM Overview) Untuk mendapatkan sel yang ditunjuk sebagai sasaran handover maka MS dan BTS akan selalu melaporkan pengukurannya mengenai kualitas dan kekuatan sinyal pada arah down link untuk stasiun bergerak dan arah up link untuk BTS. Pengukuran dan pelaporannya dilakukan secara periodik dalam interval tertentu dan dikirim ke BSC dan MSC sebagai report.

0 comments: