Sunday 14 April 2013

MODULATOR DEMULATOR (MODEM)


A.    PENGERTIAN MODEM
Modem merupakan pengubah sinyal digital menjadi analog sebelum mengirimkannya melalui sinyal analog (misal jaringan telepon) atau perangkat modulasi/demodulasi sinyal digital (data) kedalam sinyal sebagai carrier/pembawanya.

B.     FUNGSI MODEM
Untuk mengirimkan data DAC (Digital-to-analog converter) Untuk menerima data ADC ( Analog – to Digital converter ) 2 – Way Comunication membutuhkan 2 modem, masing-masing modem berisi sirkuit untuk mengenkoding outgoing data dan mengecoding incoming data. Umumnya menggunakan point to point protocol (PPP)

C.    KEBUTUHAN MODEM
Melakukan komunikasi data melalui jaringan telepon analog Penggunaan modem meningkat tinggi setelah berkembangnya internet Kebutuhan banwidth yang terus meningkat membuat teknologi modem terus berkembang. Istilah modem tidak lagi digunakan hanya untuk teknologi PSTN, melainkan melalui pengunaan teknologi lainnya dengan bandwidth yang sangat tinggi.

D.    JENIS-JENIS MODEM
·         Modem PSTN
·         Modem Xdsl
·         Satelit Modem
·         Wireless Modem
·         Cable Modem
·         Asynchronous, Synchronous
- Modem yang berkecepatan rendah biasanya menggunakan asynchronous.
- Modem yang mempunyai kecepatan tinggi dan modem untuk leased line  biasanya menggunakan synchronous.
·         Ada Modem yang didasarkan pada :
a.       Fungsinya
·         Router (External)
Modem yang dapat mensupport baik routing IP Statik maupun Dinamik (dial in) modem jenis ini dapat terhubung ke ras baik Dengan IP statik maupun dengan user/password.
·         Bridge/USB (external)
Modem yang hanya mensuporrt protocol Dial-in, tidak bisa untuk Konfigurasi statik. Modem jenis ini terhubung ke RAS melalui Proses autentifikasi user/password di RADIUS.
b.      Letaknya
·         Internal MODEM
Merupakan device berupa card yang terpasang pada motherboard PC yang berfungsi sebagai network card sekaligus Modem Router ADSL.
·         External MODEM
Modem yang terpisah dari perangkat PC yang biasanya dilengkapi aksesoris seperti kabel interface untuk menghubungkan PC dengan Modem.
c.       Aplikasi Setting
·         http (Web based)
·         telnet
·         Windows wizard
·         CD installer
·         Hyperterminal

0 comments: