Sunday 14 April 2013

PENYAMBUNGAN KABEL MULTIPAIR


A.     PENYAMBUNGAN KABEL UDARA DENGAN SSK PANAS KERUT
Uji Terima Awal
Uji terima awal dilakukan sebelum penyambungan dan guna memastikan apakah kabel yang akan disambung dalam kondisi baik atau tidak.
Keselamatan Kerja
Untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka pelaksanaan penyambungan kabel udara harus waspada dan memperhatikan hal-hal berikut : Hati-hati waktu pemanasan, Bila bekerja dengan api terbuka pakailah sarung tangan, Jangan terlalu dekat dengan api.

B.     CARA PENYAMBUNGAN
Sebelum diuraikan cara penyambungan lebih lanjut perlu dijelaskan tempat dimana kabel udara akan disambung, yaitu : Tempat sambungan diantara tiang Tempat sambungan dekat dengan tiang. Sudah tentu cara penyambungannya akan berbeda terutama penyambungan kawat penggantungnya. Menentukan posisi sambungan : Pertama-tama potong bagian kabel yang rusak pada ujung kabel yang disebabkan oleh penarikan. Berilah tanda pada kedua ujung kabel udara yang hendak disambung 15 cm panjangnya dari tanda titik sambung.

C.     PENYAMBUNGAN KAWAT PENGGANTUNG

Apabila tempat sambungan berada diantara tiang. Dalam hal ini ada 2 cara penyambungan yaitu, Penyambungan kawat penggantung dengan mempergunakan selongsong besi dengan cara sebagai berikut :
·         Kedua ujung kawat penggantung yang dimaksud dipotong masing-masing 15 cm, sehingga kedua ujung kawat penggantung tersebut tepat terletak pada titik sambung.
·         Selanjutnya kedua ujung kawat penggantung tersebut dikupas PE-nya masingmasing kira-kira sepanjang ½ dari panjang panjang besi yang akan dipakai.
·         Masukkan kedu aujung kawat penggantung yang sudah dikupas PE-nya ke dalam kedua ujung lobang dari selongsong besi tersebut, sehingga kedua ujung kawat penggantung bertemu di tengah-tengah dari selongsong besi yang dimaksud.
·         Untuk mengepres selongsong besi tersebut dapat dipergunakan press-tang, yang sesuai atau roll sleeve comprassor.
·         Penyambungan kawat penggantung menggunakan bulldrog grip dengan cara sebagai berikut :
·         Kedua ujung dari kawat penggantung yang dimaksud sepanjang 30 cm diupas selubung PE-nya.
·         Agar kawat penggantung tersebut tidak terurai, perlua kedua ujungnya diikat dengan kawat ikat.
·         Kemudian letakkan kedu aujung kawat penggantung yang sudah dikupas tersebut sejajar sepanjang 15 cm dan jepitlah kedua kawat penggantung dengan bulldog grip sekurang-kurangnya pada 3 tempat.

Langkah-langkah kerja praktikum yang dilakukan saat praktikum adalah sebagai berikut :
-     Memotong kabel kawat tembaga sepanjang 1m
-     Memotong kabel menjadi 2 bagian, masing- masing kurang lebih 50 cm
-     Mengupas kulit kabel, dan memisahkan bagian bearer karena tidak terpakai
-     Memisahkan masing- masing urat kabel
    -     Sambungkan urat kabel sesuai dengan warnanya masing- masing, tetapi dengan terlebih dahulu  mengupas kulit urat kabel, hingga terlihat tembaganya, kira- kira 5 cm.
    -     Penyambungan urat kabel dilakukan dengan cara di pilin
    -     Kemudian pasangkan selongsong pada bagian urat kabel yang di sambungkan.

0 comments: