Sunday 14 April 2013

PEMBUATAN REPORT DRIVE TEST


A.    Logfile Session
Membuka file hasil dari Drive Test
Untuk melihat hasil collecting data data dari drive test maka kita membukanya dalam mode Analysis. Sehingga event-event yang terjadi bisa kita analisis dengan mudah untuk mengetahui apakah jaringan yang sudah terbangun sudah optimal atau belum.

B.   Parameter Pengukuran Dalam Drive Test
1. Rx Qual
Rx Qual adalah parameter yang menunjukan kualitas siyal yang diterima oleh suatu MS (Eckardt Bertermann, Handover . 2002). Nilai Rx Qual merupakan nilai indek yang mewakili nilai Bit Error Rate (BER) pada transmisi dari BTS ke MS pada arah (down link). BER adalah rasio kegagalan pengiriman bit terhadap total bit yang dikirimkan. Pengukuran Rx Qual dengan menggunakan program TEMS (Test Mobile System) mempunyai batas antara 0 sampai 7 yang masing-masing mewakili nilai BER tertentu.

2. Rx Level
Rx Level adalah nilai level daya sinyal terima yang didapat oleh MS di suatu tempat tertentu (Eckardt Bertermann, Handover . 2002). RxLevel diukur pada kanal dedicated dalam satuan dBm. Nilai RxLevel yang diukur dengan program TEMS berada pada batas 0 sampai 63 yang masing-masing nilai tersebut mewakili nilai dBm tertentu.

Nilai ambang batas bawah yang digunakan untuk melakukan handover adalah pada RxLevel = 10 atau pada -100 dBm (Eckardt Bertermann, BSC Database Parameter Description BR6.0 versi 22.11.2002).

3. Timing Advanced
Adalah parameter yang menandakan jarak antara MS dan BTS saat melakukan pengukuran di lapangan. Maksimal jarak MS dan BTS adalah 35 km (Eckardt Bertermann, BSC Database Parameter Description BR6.0 versi 22.11.2002).

1. C/ I (Carrier to Interference ratio)
Perbandingan antara daya carrier suatu MS dengan interferensi yang terjadi, Menentukan qualitas dan unjuk kerja hubungan

2. SQI (Speech Quality Index)
TEMS standart yang menunjukan sebuah range dari 0 sampai 30 dB (30 dB berarti kualitasnya paling bagus).

0 comments: