Sunday 14 April 2013

TEMS INVESTIGATIONS 4.1


A. TEMS ( Test Mobile System ) Investigations 4.1
TEMS adalah peralatan Investigasi dan Maintenance yang digunakan untuk pengukuran dan pemeriksaan sinyal arah Air Interface dalam Network seluller GSM. Data dari pengukuran tersebut digunakan untuk menganalisa suatu kerusakan atau kwalitas system. Data dari semua pengukuran Drive test akan disimpan dalam bentuk Log File, dengan tujuan untuk proses analisa setelah proses pengukuran. Didalam Log File terdapat 2 file yaitu :
a. Statistics File
Dari hasil Drive Test,Log File akan di converts oleh FICS (File and Information Conveting System) ke statstics file, yang diantaranya terdapat parameter untuk Handover, Signal Strength dan Quality Distribution.
b.GIMS (Geographical Information Mobile Surveys).
GIMS merupakan file yang digunakan untuk memaparkan graphical dari hasil Drive test.
Dalam TEMS Investigations 4.1 terdapat 5 bagian yang saling berkaitan. Diantaranya yaitu :
a. Worksspace dan Worksheet.
b. Toolbars
c. Status Bar
d. Menu Bar
e. Navigator

B. Jenis-Jenis Kanal
Di dalam sistem seluler GSM, terdapat dua jenis kanal yaitu kanal fisik dan kanal logik yang mendukung proses komunikasi dan signalling.
1. Kanal Fisik
Kanal fisik merupakan kanal yang digunakan sebagai media dari kanal logik. Kanal ini mempunyai bentuk fisik adalah timeslot pada frame. Dalam satu frame terdapat 8 timeslot yang berfungsi sebagai tempat kanal logik.

Kanal logik terdiri dari 2 bagian yaitu kanal trafik dan kanal kontrol
a. Kanal Trafik (TCH)
Kanal trafik adalah kanal yang digunakan untuk saluran komunikasi baik komunikasi suara maupun data.
b. Kanal Kontrol
Kanal kontrol adalah kanal yang digunakan untuk berbagai jenis signalling. Kanal ini terdiri dari 3 bagian yaitu Broadcast Channel, Common Control Channel dan Dedicated Control Channel.

0 comments: